Alur Perkara di PPND

Urutan Tahap (Ticket Group) Pihak Perkembangan Alur Perkara Jangka Waktu*
1 Pra-Keberatan Pemohon Mengajukan Pra-Keberatan untuk meminta Data Whois Termohon Hari diterimanya berkas Pra-Keberatan Pemohon dinyatakan lengkap oleh Sekretariat PPND.
2 Pengajuan Keberatan Mengajukan Keberatan dan mengajukan usul susunan Panelis kepada sekretariat PPND Hari diterimanya berkas Keberatan Pemohon dinyatakan lengkap oleh Sekretariat PPND.
3 Pembayaran Biaya PPND Membayar Biaya Perkara Paling lama 5 hari setelah Berkas Keberatan dinyatakan lengkap oleh Sekretariat PPND.
4 Mediasi dan Pengajuan Tanggapan Sekretariat PPND Menyampaikan berkas Keberatan Pemohon kepada Termohon dan Registrar terkait 3 hari setelah diterimanya pembayaran dari Pemohon. Hari dikirimkannya berkas Keberatan Pemohon kepada Termohon dan Registrar terkait merupakan “Tanggal Efektif” berjalannya proses administrasi PPND.
5 Sekretariat PPND Memberikan waktu untuk diadakannya Mediasi 21 hari setelah menerima berkas Keberatan Pemohon
6 Termohon Mengajukan Tanggapan dan mengajukan usul susunan Panelis
7 Pembayaran Biaya PPND Termohon Membayar Biaya Perkara Tambahan apabila mengusulkan penambahan jumlah Panelis**
8 Pembentukan Panelis Sekretariat PPND Membentuk dan mengesahkan susunan Panelis 5 hari setelah berkas Keberatan dan Tanggapan lengkap diterima Sekretariat PPND atau 5 hari setelah batas waktu Tanggapan Termohon sudah habis.
9 Pemeriksaan Panelis Panelis Memberikan Putusan atas Pemeriksaan yang dilaksanakan Setelah 21 hari masa pemeriksaan perkara setelah menerima seluruh kelengkapan berkas Keberatan Pemohon dan berkas Tanggapan Termohon
10 Pelaksanaan Putusan PANDI Membuat SK tentang Putusan 1 hari setelah Putusan diteruskan ke Pemohon, Termohon dan Registrar terkait
11 Sekretariat PPND Mengumumkan Putusan Panelis melalui situs PPND (www.ppnd.pandi.id) 7 hari setelah terbitnya Putusan
12 Registrar Melaksanakan isi Putusan 21 hari setelah keluarnya SK Putusan

*     Hari adalah hari kalender

**  Sebagaimana diatur dalam Kebijakan PPND versi 5.1

10.3 Biaya Panel dengan 3 (tiga) Panelis ditanggung oleh Pemohon, kecuali jika pemilihan Panel dengan 3 (tiga) Panelis dilakukan oleh Termohon, maka selisih biaya Panel dengan 1 (satu) menjadi 3 (tiga) Panelis ditanggung oleh Termohon.